Sabtu, 24 Februari 2018

Fenomena masyarakat komuter


ANDRA ASWANDI
F23116055
A.      Fenomena  Masyarakat komuter
Seiring Pertumbuhan penduduk yang sangat signifikan sangat dipengaruhi oleh kota kota besar yang ada di Indonesia terkhusus di kota bandung karena setiap orang akan mencari pekerjaan di kota. Dan orang yang mencari pekerjaan dikota dan kembali ditempat tinggalnya atau rumahnya setiap hari itulah yang disebut dengan komuter.
Masyarakat komuter sangat dipengaruhi oleh lapangan pekerjaan disuatu kota tersebut mereka yang merupakan masyarakat komuter yang mencari pekerjaan di kota melakukan perjalanan berangkat pagi dan pulang kerumah dimalam hari, ini merupakan suatu factor kemacetan disuatu kota kota besar seperti Bandung.
Para komuter dikota kota besar sangat membutuhkan ketersediaan pelayanan perjalanan yang layak. Dari sensus yang didapat jumlah penduduk dikota bandung sebanyak 2 juta jiwa dimalam hari akan tetapi berbeda pada siang hari jumlah penduduk bertambah menjadi 3 juta jiwa. itu berarti jumlah masyarakat komuter di kota bandung sangat terlihat jelas perbedaan yang signifikan. Secara langsung maupun tidak langsung hal ini membawa dampak yang buruk bagi kota bandung dapat dirasakan langsung pada jumlah volume kendaraan yang melintas di kota bandung.
Akan tetapi juga tidak selamanya berdampak buruk akan adanya penglaju komuter karean dengan adanya penglaju ini karena dengan adanya penglaju ini dapat membat kebutuhan tenaga kerja bisa terpenuhi terutama bagi pekerja muda yang produktif,  Kemajuan pembangunan daerah perkotaan semakin pesat karena didukung oleh adanya tenaga kerja dan fasilitas pembangunan kota yang semakin memadai. Perekonomian pun dapat bertumbuh pesat dan merata dengan adanya hal ini. Mobilitas ini juga akan lebih mempercepat tingkat perubahan sosial masyarakat kearah yang lebih baik.
Para penglaju komuter  yang biasanya  berkeja dikota besar menghadapi masalah akan mahalnya harga sewa tanah didekat tempat pekerjaannya sehingga mereka  tidak mempunyai pilihan lain untuk tinggal dipinggiran kota. Orang orang yang merupakan penglaju komuter ini yang bekerja di kota bandung biasanya memiliki tempat tinggal dipinggiran kota bandung sebagai contoh bekerja dikota bandung namun bertempat tinggal di Cibatu, Cicalengka, Cimahi dan masih banyak lagi.
Dengan adanya masyarakat komuter ini erat kaitanya dengan kestabilan yakni Transportasi, ekonomi, lingkungan, dan lainnya.
Lokasi : Gerbong KRD Ekonomi Cicalengka- Bandung, Stasiun Kiaracondong Bandung  Jawa Barat

0 komentar:

Posting Komentar