Selasa, 13 Maret 2018

menggapa pertumbuhan kota terus berlanjut?


2.1               Pertumbuhan Kota Terus Berlanjut

Pertumbuhan kota sangat erat kaitannya dengan jumlah penduduk yang hidup dan tinggal di daerah perkotaan (urbanisasi). Analisis tentang petumbuhan wilayah perkotaan tentunya harus dikaitkan dengan perkembangan jumlah penduduk yang tinggal di daerah perkotaan bersanguktan.  Degan adanya urbanisasi menjadikan pertumbuhan kota akan menajdi terus berlanjut selagi prosesnurbanisasi masih tetap ada diperkotaan. Struktur perekonomian dan permasalahan yang dihadapi oleh wilayah perkotaan juga ternyata tidak sama dengan yang terdapat di wilayah pedesaaan, sehingga analisa yang diperlukan tentunya juga berbeda.
Pertumbuhan wilayah perkotaan sangat ditentukan oleh tingkat urbanisasi yang terdapat di wilayah bersangkutan. Urbanisasi pada dasarnya adalah porsi jumlah penduduk yang hidup di wilayah perkotaan. Pertumbuhan kota ditentukan oleh 3 unsur yaitu :
1)       Pertumbuhan penduduk (population growth)
2)       Perpindahan penduduk dari desa ke kota (urban-rural)
3)       Bila terjadi pemekaran wilayah perkotaan
Secara alamiah pertumbuhan penduduk ditentukan oleh tingkat kesuburan ibu (fertility) dan tigkat kematian (mortality). Ahli ilmu ekonomi perkotaan, permasalahan urbanisasi menekankan pembahasannya pada proses terjadinya urbanisasi dan kekuatan yang melatar belakangi. Analisa untuk dapat memahami struktur dan pola pertumbuhan wilayah perkotaan dan sekaligus sebagai dasar perumusan kebijakan publik dalam rangka mendorong proses pertumbuhan dan pengendalian penduduk sebuah wilayah perkotaan.
Kota juga diartikan sebagai suatu wilayah dimana terdapat pemusatan (konsentrasi) penduduk dengan berbagai jenis kegiatan ekonomi, social, budaya dan administrasi pemerintahan. Sebuah kota meliputi konsentrasi daerah pemukiman berpendudukan cukup besar dengan kepadatan yang relative tinggi dimana kegiatan penduduk didominasi oleh kegiatan nonpertanian seperti industri, perdagangan, jasa, baik dibidang keuangan, transportasi, pendidikan, kesehatan dan pariwisata. Dengan adanya berbagai jenis kegiatan menjadikan suatu kota akan terus bertumbuh karna suatu kota bertumbuh apabila aktivitas didalamnya terus berlanjut.
Kota mempunyai daya tarik  yang sangat besar bagi penduduk ,baik yang bearda di wilayah pedesaan   maupun kota-kota kecil sekitarnya untuk datang dan menetap di kota bersangkutan. Dari segi ekonomi daya tarik kota muncul karena relatif banyak lapangan kerja yang terdapat di daerah perkotaan dengan tingkat upah yang lebih tinggi. Sedangkan dari segi sosial kehidupan kota lebih maju dan menyenangkan karena fasilitas kehidupan sosial dan budaya yang lebih banyak sehingga lebih menyenangkan. Kehidupan kota juga mempunyai aspek negative karena biaya hidup yang lebih tinggi, kemacetan lalu lintas yang sudah mulai menjadi hambatan bagi mobilitas penduduk serta tingkat polusi udara dan air yang lebih buruk. Dengan adanya daya tarik maka perumbuhan kota juga akan terus berlanjut dan akan terus berkembang disuatu kota tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar