Jumat, 18 Agustus 2017

MENGIDENTIFIKASI NAWA CITA PRESIDEN JOKOWI DAN WAKIL PRESIDEN

TUGAS KEPENDUDUKAN
(
MENGIDENTIFIKASI NAWA CITA PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN  )

Description: C:\Users\User\Documents\Logo-Universitas-Tadulako-png-300-dpi.png

OLEH :

ANDRA ASWANDI
F 231 16 055


FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK ARSITEKTUR
PROGRAM STUDI (S1) PWK
UNIVERSITAS TADULAKO
2016/2017



NAWA CITA Joko Widodo-Jusuf Kalla

Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla merancang sembilan agenda prioritas jika terpilih sebagai presiden dan wakil presiden. Sembilan program itu disebut Nawa Cita. Program ini digagas untuk menunjukkan prioritas jalan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, serta mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.  
Berikut inti dari sembilan program tersebut
1. Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, melalui politik luar negeri bebas aktif, keamanan nasional yang terpercaya dan pembangunan pertahanan negara Tri Matra terpadu yang dilandasi kepentingan nasional dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.
Dengan menghadirkan kembali Negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warganya, salah satau program JOKOWI-JK ini yang terialisasi kenapa dengan menghadirkannya politik luar negri yang bebas-aktif, kedaulatan maritime yang kitaliat sekerang kekuatan maritime di Negara kita semakin jauh meningkatnya. Selanjutnya menggembangkan industry pertahann nasional yang juga merupakan salah satuyang dilakukan jokowi. Membangun rasa aman dengan membangun polri yang professional juga merupakan salah satu jati diri sebagai Negara maritime
2. Membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya, dengan memberikan prioritas pada upaya memulihkan kepercayaan publik pada institusi-institusi demokrasi dengan melanjutkan konsolidasi demokrasi melalui reformasi sistem kepartaian, pemilu, dan lembaga perwakilan.
Dengan membuat pemerintah yang selalu hadir dengan membangun tata kelola yang bersih dan efektif serta terpercaya menrut saya, salah satu program yang belum sempurna tererialisasikan kenapa demikian karna masih banyaknya wilayah diluar sana yang belum merasakan pemerintahhan yang selalu hadir untuk membangun dengan demikian banyaknya wilayah pnggiran yang memiliki keterbelakanga yang amat disayangkan, sehingga kepercayaan masyarakat yang belim bis merasakan masih memiliki tingkat kepercayaanyang amat sangat dibawah keinginan yang diharapkan.sehingga masih kurangnya partisipasi public yang diharapkan.
3. Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.
Pemeratan pembangunan saat ini masihlah sangat memprihatinkan karna desa desa yang harusnya mendapatkan pemeratan yang paling dipentingkan terhambat dikarenakan adanya calo calo sehingga apa yang didapatkan untk desa yang harusnya mendapatkan pemerataan ini tidaklah mendapakan yang seharusnya. Akan tetapi pada kawasan timur tengah dan kawasan perbatasan yang merupakan prioritas paling utama yang akan dilakukan oleh pak Jokowi hingga saat ini sudah mendapatkan ½ dari yang diharapkan, sehingga mengakibatkan daerah otonomi untuk kesejahtraan rakya bagian timur dan dikawasa perbatan sudah bisa menikmati tingkat kesejahtraan yang ada atau seperduan yang diberkan sudah bisa dinikmati oleh para masyarakat di timur trngah dan bagian kawasan perbatasan.
4. Menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya.
Seperti yang telah diprioritaskan oleh bapak jokowi untuk  menegakkan hokum yang bebas korupsi akan etapi masih banyaknya para tikus-tikus berdasi yang masih melakukan korupsi seperti yang telah kita lihat sekarang ini, bertimbal balik dengan yang diharapkan. Dan juga memberantas mafia telah dilakukan oleh pertahanan Negara.
5.Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan program "Indonesia Pintar"; serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan program "Indonesia Kerja" dan "Indonesia Sejahtera" dengan mendorong land reform dan program kepemilikan tanah seluas 9 hektar, program rumah kampung deret atau rumah susun murah yang disubsidi serta jaminan sosial untuk rakyat di tahun 2019.
Salah satu program yang sekarang lagi direalisasikan oleh jokowi dengan salah satu yang telah diprioritaskan adalah peningkatan kwalitas hidup masyarakat miskin atau kurang mampu yaitu salah satu solusinya adalah dengan memberikan salah satu kartu, kartu yang diberikan macam-macam salah stunya adalah kartu Indonesia pintar, kartu Indonesia sehat dan sebagainya. Itu merupakan salah satu solusi yang diberikan oleh pemerintah sekarang kepada masyarakat yang kurang mampu agar bisa merasakan apa yang diharapkan atau dirasakan oleh kegelisahan masyarakat yang memiliki tingkat penghasilan dibawah rata-rata. Dan yang paling diharapkan oleh masyarakat yang belum bisa merasakan perumahan yang layak juga memiliki kartu yaitu Indonesia sejahtera.
6. Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya.
Peningkatan produktivitas dan daya saing dipasar internasional merupakan solusi yang sangat bagus untuk meningkatkan Indonesia agar bisa bersaing dengan Negara Negara maju, akan tetapi yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataan, kenapa demikian diakibatkan karna masyarakat yang memiliki tingkat menengah kebawah masih banyak sehingga mengakibatkan menurunnya tingkat pembelian dari masyarakt sehingga pemasukan ekonomi juga merosok menurun. Salah satu yang persaingan yang dilakukan dipasar internasional yaitu dengan masuknya pasar ekonomi asean yang bisa meningkatkan produktifitas rakyat Indonesia.
7. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.
Dengan kemandirian ekonomi yang telah dilakukan oleh negarakita bisa meningkatkan ekonomi kita yakni dengan memberikan sector ekonomi yang bisa dirasakan oleh masyarakat, dengan kemandirian ini diharapkan bisa mewujudkan kedaulatan pangan, energy dan keuangan. Diharapkan juga bisa menwujudkan penguatan teknologi melalui kebijakan penciptaan inovasi terbarukan. Dengan pembangunan sector ekonomi juga diharapkan masyarakat bisa menikmati sector ekonomi yang diharapkan.
8. Melakukan revolusi karakter bangsa melalui kebijakan penataan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan, yang menempatkan secara proporsional aspek pendidikan, seperti pengajaran sejarah pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotisme dan cinta Tanah Air, semangat bela negara dan budi pekerti di dalam kurikulum pendidikan Indonesia.
Kita ketahui pendidikan itu adalah pembentuk karakter bangsa pembentuk daya saing bangsa sehingga itu menjadi hal yang urjen, pendidikan saat ini merupakan hal yang paling dikedepankan oleh bangsa kita agar kita bisa bersaing dengan Negara Negara lain.
9. Memperteguh kebhinnekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia melalui kebijakan memperkuat pendidikan kebhinnekaan dan menciptakan ruang-ruang dialog antarwarga.

kemudin yang selanjutnya adalah kebihnekaan karna telah sangat diketahui bahwa Indonesia ini beragam dengan keberagaman ini kadang-kadang bisa menjadi mudjarat kadang-kadang bisa menjadikan manfaat, tapi hal yang ditekankan adalah bagaimana menjadikan hal yang bermanfaat bisa lebih besar dari pada hal yang mudjaratnya. Jadi kita harus menyadari dengankondisi kita saat ini yang beragam bagaimana kedepan pertumbuhan ekonomi kita kesejahtraan ekonomi kita itu bisa ditingkatkan lagi. Jadi bagaimana hal yang perlu dilakukan agar mengatasi hal yang seperti itu yaitu salah satunya adalah pertama mengevaluas terdahulu terhadap kondidi yang telah ada di era era sebelumnya agar kiba bisa terfokus mana yang sudah mana yang belum karna kalo misalnya sudah lalu kemudian diulang lagi menurutku sangatlah tidak efektif jadi yang mana yang belum itulah yang dijadikan sebagai rioritas, lalu kemudian setelah ditemukannya prioritasnya maka akan dilakukan sosialisasi kemudian langkah selanjutnya adalah action.

0 komentar:

Posting Komentar