Kamis, 07 September 2017

pengertian mobilitas sosial berdasarkan pendapat ahli

Mobilitas berasal dari bahasa latin mobilis yang berarti mudah dipindahkan atau banyak bergerak dari suatu tempat ketempat lain. Mobilitas social adalah perubahan, pergeseran, penigkatan, ataupun penenurunan status dan peran keanggotaan.
Ada beberapa pendapat tentang beberapa ahli tentang pengertian mobilitas social, diantaranya :
1.      Menurut Kimball young dan Raymond W. Mack, mobilitas social adalah suatu gerak dalam struktur social yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok social.
2.      William Kornblum (1918: 172), Mobilitas sosial adalah perpindahanindividu-individu, keluarga-keluarga, dan kelompok sosialnya dari satulapisan ke lapisan sosial lainnya.
3.      Michael S. Bassis (1988: 276), Mobilitas sosial adalah perpindahan ke atasatau ke bawah lingkungan sosial ekonomi yang mengubah status sosialseseorang dalam masyarakat.4.

4.      H. Edward Ransfrod (Sunarto, 2001: 108), Mobilitas sosial adalahperpindahan ke atas atau ke bawah dalam lingkungan sosial secara hirarki.5.

5.      Paul B. Horton, mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan dari satukelas sosial ke kelas sosial lainnya atau gerak pindah dari strata yang satuke strata yang lainnya


0 komentar:

Posting Komentar