Kamis, 07 September 2017

perbedaan Analisis LQ (LOCATION QUOTIENT), Analisis Shift-share , Analisi SWOT. SENTRALITAS ANALISIS, NEIGHBOURHOOD ANALYSIS

ANDRA ASWANDI
F23116055

A.    Analisis LQ (LOCATION QUOTIENT)
Menurut Hood (1998), Location Quotient adalah suatu alat pengembangan ekonomi yang lebih sederhana dengan segala kelebihan dan keterbatasannya. LQ adalah perbandingan tentang besarnya peranan sector/industry disuatu daerah terhadap besarnya peranan sector/industry tersebut secara industry.
Teknik LQ merupakan salah satu pendekatan yang umum digunakan dalam model ekonomi yang lebih sederhana dengan segala kelebihan dan keterbatasannya. Teknik LQ merupakan salah satu pendekatan yang umum digunakan dalam model ekonomi basis sebagai langkah awal untuk memahami sector kegiatanyang menjadi pemacu pertumbuhan. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menentukan sektor basis dan nonbasis di suatu daerah berdasarkan pengukuran tidak langsung adalah metode Location Quotient(LQ)
Teknik LQ banya digunakan untuk membahas kondisi perekonomian, mengarah pada indentifikasi spesialisasi kegiatan perekonomian atau mengukur konsentrasi relatif kegiatan ekonomi untuk mendapatkan gambaran dalam penetapan sektor unggulan segagai
leading sector suatu kegiatan ekonomi (industri).

Kelebihan dan kelemahan analisis LQ 

Komponen analisis LQ setiap metode analisis memiliki kelebihan dan keterbatasan, demikianhalnya dengan metode LQ. Kelebihan metode LQ dalam mengidentifikasi komoditas unggulan antara lain adalah karena penerapannya yang sederhana, mudah dan tidak memerlukan programprngolahan data yang rumit. Penyelesaian analisis cukup dengan menggunakan program dariExcel, bahkan jika datanya tidak terlalu banyak, kalkulator pun bisa digunakan. Keterbatasannya adalah karena demikian sederhanany pendekatan LQ ini, maka yang dituntut adalah akurasi data. Sebaik apapun hasil olahan LQ tidak akan banyak manfaatnya jika data yang digunakan tidak valid. Oleh karena itu sebelum memutuskan menggunakan analisis ini maka validitas data sangat diperlukan.
B.     Analisis Shift-share 
Menurut Field & Mac Gregor 1987, analisis Shift Share merupakan teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan pertumbuhan dan kinerja perekonomian di wilayah yang berbeda. Analisis Shift-share merupakan suatu analisis dengan metode yang sederhana dan sering dilakukan oleh praktisi dan pembuat keputusan baik lokal maupun regional di seluruh dunia untuk menetapkan target industri/sektor dan menganalisis dampak ekonomi. Analisis Shift- share memungkinkan pelaku analisis untuk dapat mengidentifikasi keunggulan daerahnyadan menganalisis industri/sektor yang menjadi dasar perekonomian daerah. Analisis Shift-share juga merupakan suatu analisis yang dilakukan untuk mengetahui perubahan dan pergeseran sektor atau industri pada perekonomian regional maupun lokal. Bila suatu daerah memperoleh kemajuan sesuai dengan kedudukannya dalam perekonomian nasional, maka akan dapat ditemukan adanya shift (pergeseran) hasil pembangunan perekonomian daerah.
Keunggulan analisisShift- share antara lain (Stevens B.H. dan Moore dalam Modul IsianDaerah untuk SIMRENAS):
1. AnalisisShift-share tergolong sederhana. Namun demikian, dapat memberikan gambaran mengenai perubahan struktur ekonomi yang terjadi.
2. Memungkinkan seorang pemula mempelajari struktur perekonomian dengan cepat.
3. Memberikan gambaran pertumbuhan ekonomi dan perubahan struktur dengan cukupakurat.
Kelemahan analisisShift-share , yaitu:
1. Hanya dapat digunakan untuk analisis ex-post 
2. Masalahbenchmark berkenaan denganhomothetic change , apakah t atau (t+1) tidakdapat dijelaskan dengan baik
3. Ada data periode waktu tertentu di tengah periode pengamatan yang tidak terungkap.

C.    Analisi SWOT
Pengertian analisis SWOT dan manfaatnya – Analisis SWOT adalah suatu bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan atau di dalam organisasi yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang. Atau definisi analisis SWOT yang lainnya yaitu sebuah bentuk analisa situasi dan juga kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran). Analisa ini menempatkan situasi dan juga kondisi sebagai sebagai faktor masukan, lalu kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing. Satu hal yang perlu diingat baik-baik oleh para pengguna analisa ini, bahwa analisa SWOT ini semata-mata sebagai suatu sebuah analisa yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi, dan bukan sebuah alat analisa ajaib yang mampu memberikan jalan keluar yang bagi permasalahan yang sedang dihadapi.
SWOT adalah singkatan dari:
  • S = Strength (kekuatan).
  • W = Weaknesses (kelemahan).
  • O = Opportunities (Peluang).
  • T = Threats (hambatan)
Metode analisis SWOT bisa dianggap sebagai metode analisis yangg paling dasar, yang bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari analisa biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman. Jika digunakan dengan benar, analisis ini akan membantu untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat selama ini.
D.    SENTRALITAS ANALISIS
Sentralisasi adalah sebuah penyerahan kekuasaan dan juga wewenang pemerintahan secara penuh kepada pemerintah pusat. Pemerintah yang dimaksud dalam asas tersebut merupakan Presiden dan Dewan Kabinet. Sedangkan yang dimaksud dengan wewenang adalah kewenangan politik serta kewenangan administrasi. Kewenangan politik merupakan sebuah kewenangan yang membuat dan juga memutuskan kebijakan, sedangkan yang dimaksud dengan kewenangan administrasi adalah sebuah kewenangan dalam melaksanakan kebijakan.

E.     NEIGHBOURHOOD ANALYSIS
Neighbourhood analisis adalah analisis mengenai karakteristik mengenai spatial di sekitar suatu fenomena. Tahapan analisis neighbourhood
1.      Menentukan “fenomena geografis” yang akan dianalisis
2.      Mendefinisikan metode penentuan dari suatu objek
3.      Mendefinisikan marakteristik apa yang akan dianalisis
Dalam penentuan analisis Neighbourhood suatu objek berdasarkan jarak geografis terhadap objek tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar