Sabtu, 11 Maret 2017

CARA BERBAHASA INDONESIA YANG BAIK, FUNGSI DAN KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA

UNIVERSITAS TADULAKO










TUGAS BAHASA INDONESIA

NAMA : ANDRA ASWANDI
STAMBUK : F 231 16 055
JURUSAN : ARSITEKTUR S1 PWK

TAHUN AJARAN
 2016/2017



KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat membuat sebuah makalah bahasa Indonesia. Dalam makalah ini, penulis menyajikan materi-materi yang bersangkutan dengan pengertian bahasa Indonesia fungsi dan kedudukannya.
 Makalah ini disusun berdasarkan apa yang diperoleh dari berbagai sumber. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih belum sempurna dan untuk menjadi sempurna. Untuk itu diharapkan kepada semua pihak untuk memberikan masukan dan kritik demi kesempurnaan makalah ini. Penulis juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh dari apa yang kita harapkan. Untuk itu, diharapkan adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa sarana yang membangun. Semoga makalah ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya makalah yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya penulis mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan penulis memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.
Akhir kata diucapkan banyak terima kasih.


palu, 22  oktober 2016
 Penulis


                                                                                         




DAFTAR ISI

Kata Pengantar………………………………………………………………..……………… i
Daftar Isi……………………………………………………………………….……………. ii

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang…………………………………………………………..…………………1
B. Rumusan Masalah………………………………………………………….……….…….. 1
C. Tujuan Penulisan………………………………………………………………………..… 1

BAB II PEMBAHASAN
A.    Apa pengertian Bahasa Indonesia…………………………………………………….….. 2
B.     Karakteristik bahasa indonesia ………………………………………….………………..2
C.     Peran dan fungsi bahasa Indonesia ………………………………………….……………2
D.    Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia………………………………………….……. 3
E.     Fungsi bahasa Indonesia dalam pembangunan bangsa . ……………………….…………5

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan…………………………………………………………...……….................6
B. Saran………………………………………………………………...…………………… 6
DAFTAR PUSTAKA


BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Mahasiswa ditingatkan kesadarannya bahwa bahasa Indonesia adalah alat komunikasi paling penting untuk mempersatukan seluruh bangsa Indonesia. Hal ini mengingat bahasa Indonesia merupakan alat mengungkapkan diri baik secara lisan maupun tertulis, dari segi rasa, karsa, dan cipta serta pikir, baik secara etis, estetis, maupun secara logis. Warga negara Indonesia yang mahir berbahasa Indonesialah yang akan dapat menjadi warga negara yang mampu memenuhi kewajibannya di mana pun mereka berada di wilayah tanah air dan dengan siapa pun mereka bergaul di wilayah NKRI. Oleh sebab itu, kemahiran berbahasa Indonesia menjadi bagian dari kepribadian Indonesia. Kemahiran berbahasa Indonesia bagi mahasiswa Indonesia tercermin dalam tata pikir, tata ucap, tata tulis, dan tata laku berbahasa Indonesia dalam konteks ilmiah dan akademis. Oleh karena itu, bahasa Indonesia masuk kedalam kelompok mata kuliah pengembangan kepribadian mahasiswa, yang kelak sebagai insan terpelajar akan terjun ke dalam kancah kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai pemimpin dalam lingkunganya masing-masing. Oleh karena mahasiswa diharapkan kelak dapat menyebarkan pemikiran dan ilmunya, mereka diberi kesempatan melahirkan karya tulis ilmiah dalam berbagai bentuk dan menyajikannya dalam forum ilmiah. Mahasiswa peserta kuliah perlu disadarkan akan kenyataan ini dan ditimbulkan kebanggaannya terhadap bahasa nasional kita. Kemudian mahasiswa hendaknya juga ditingkatkan kesadarannya akan kedudukan BI sebagai bahasa Negara dan bahasa nasional, dan fungsi BI sebagai bahasa lingua franca yang berpotensi untuk mempersatukan seluruh bangsa. Untuk selanjutnya, mereka hendaknya diminta untuk mengidentifikasi implikasi-implikasi dari semua butir tentang bahasa Indonesia tersebut bagi mereka sebagai warga Negara yang

B.     Rumusan Masalah
a.       Bagaimanakah cara penggunaan Bahasa Indonesia yang baik?
b.      Bagaimanakah fungsi bahasa Indonesia dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional?

C.     Tujuan Penulisan
a.       Untuk mengetahui bagaimana cara penggunaan bahasa Indonesia yang baik
b.      Agar mengetahui fungsi bahasa Indonesia dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional

BAB II PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN BAHASA IDONESIA
Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu yang dijadikan sebagai bahasa resmi dan bahasa persatuan bangsa Indonesia Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Di Timor Leste, bahasa Indonesia berstatus sebagai bahasa kerja.
Dari sudut pandang linguistik, bahasa Indonesia adalah salah satu dari banyak ragam bahas Melayu. Dasar yang dipakai adalah bahasa Melayu Riau (wilayah Kepulauan Riau sekarang) dari abad ke-19. Dalam perkembangannya ia mengalami perubahan akibat penggunaanya sebagai bahasa kerja di lingkungan administrasi kolonial dan berbagai proses pembakuan sejak awal abad ke-20. Penamaan "Bahasa Indonesia" diawali sejak dicanangkannya Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928, untuk menghindari kesan "imperialisme bahasa" apabila nama bahasa Melayu tetap digunakan. Proses ini menyebabkan berbedanya Bahasa Indonesia saat ini dari varian bahasa Melayu yang digunakan di Riau maupun Semenanjung Malaya. Hingga saat ini, Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang hidup, yang terus menghasilkan kata-kata baru, baik melalui penciptaan maupun penyerapan dari bahasa daerah dan bahasa asing.
Meskipun dipahami dan dituturkan oleh lebih dari 90% warga Indonesia, Bahasa Indonesia bukanlah bahasa ibu bagi kebanyakan penuturnya. Sebagian besar warga Indonesia menggunakan salah satu dari 748 bahasa yang ada di Indonesia sebagai bahasa ibu. Penutur Bahasa Indonesia kerap kali menggunakan versi sehari-hari (kolokial) dan/atau mencampuradukkan dengan dialek Melayu lainnya atau bahasa ibunya. Meskipun demikian, Bahasa Indonesia digunakan sangat luas di perguruan-perguruan, di media massa, sastra, perangkat lunak, surat-menyurat resmi, dan berbagai forum publik lainnya, sehingga dapatlah dikatakan bahwa bahasa Indonesia digunakan oleh semua warga Indonesia.
Fonologi dan tata bahasa Bahasa Indonesia dianggap relatif mudah. Dasar-dasar yang penting untuk komunikasi dasar dapat dipelajari hanya dalam kurun waktu beberapa minggu.

B.     KARAKTERISTIK BAHASA INDONESIA
Karakteristik adalah ciri-ciri Umum berarti menyeluruh Karakteristik Umum adalah ciri-ciri umum dalam penggunaan Bahasa Indonesia Keilmuan yang baik dan benar




KARAKTERISTIK UMUM Ø Objektif Ø Ringkas dan jelas Ø Logis Ø Formal Ø Konsisten Ø Cendekia Ø Lugas dan Jelas Ø Ringkas dan Padat Ø Menghindari Kalimat Fragmentaris Ø Bertolak dari Gagasan.


C.     PERAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA

Secara umum fungsi bahasa adalah sebagai alat komunikasi: lisan maupun tertulis.
Santoso, dkk (2004) berpendapat bahwa bahasa sebagai alat komunikasimemiliki fungsi sebagai berikut:
a.       Fungsi informasi
b.      Fungsi ekspresi diri
c.       Fungsi adaptasi dan integrasi
d.      Fungsi control social.

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional mempunyai fungsi khusus yaitu,
a.       Bahasa resmi kenegaraan
b.      Bahasa penggantar dalam dunia pendidikan
c.       Bahasa resmi untuk kepentingan perencanaan Serta kepentingan pemerintah
d.      Alat pengembangan kebudayaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kedudukan bahasa Indonesia sebagai alat bahasa Negara mempunyai fungsi :
a.       Bahasa resmi kenegaraan
b.      Bhasa penggantar dalam dunia pendidikan
c.       Bahasa resmi untuk kepentingan perencanaan Serta kepentingan pemerintah
d.      Alat pengembangan kebudayaan ilmu pengetahuan dan teknologi.




Peranaan dan fungsi bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari
Dalam era globalisasi, kita sebagai warga Negara Indonesia sudah sepatutnya menjungjung tinggi bahasa persatuan kita yaitu BAHASA INDONESIA. Jati diri bahasa Indonesia perlu dibina dan di masyarakatkan. Hal ini diperlukan agar bangsa Indonesia tidak terbawa arus oleh penggaruh budaya asing yang masuk ke Indonesia.

Bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai berikut :
a.    Sebagai bahasa nasional
b.    Bahasa Negara

D.    KEDUDUKAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA
Kedudukan Bahasa Indonesia Seperti tertulis pada UUD 1945 bab XV pasal 36, bahasa Indonesia berkedudukan sebagai Bahasa nasional. Bahasa yang menjadi pemersatu untuk rakyat Indonesia yang memiliki banyak bahasa daerah.
1.      Kedudukan pertama bahasa Indonesia adalah sebgai bahasa persatuan.
 Hal ini tercantum dalam sumpah pemuda (28-10-1928). Ini berrti bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional.
2.      Kedua adalah sebagai bahasa Negara.
Dalam kedudukannya sebagai bahasa nasioanal, bahasa Indonesia memiliki berberapa fungsi yaitu ;
a.       Lambang kebanggan kebangsaan
b.      Lambang identitas nasional
c.       Alat perhubungan
d.      Alat pemersatu bangsa
Sedangkan pada kedudukannya sebagai bahasa Negara bahasa Indonesia memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:
a.       Sebagai bahasa yang digunakan dalam peristiwa kenegaraan
b.      Sebagai bahasa penggantar dilembaga pendidikan
c.       Sebagai alat perhubungan tingat nasional
d.      Alat pengembangan kebudayan dan iptek nasional.        

Kedudukan bahasa Indonesia sebagai berikut:
a.       Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kenegaraan.
Kedudukan pertama dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan digunakannya bahasa Indonesia dalam naskah proklamasi kemerdekaan RI 1945. Mulai saat itu dipakailah bahasa Indonesia dalam segala upacara, peristiwa, dan kegiatan kenegaraan baik dalam bentuk lisan maupun tulis.

b.      Bahasa Indonesia sebagai alat pengantar dalam dunia pendidikan.
Kedudukan kedua dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan pemakaian bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di lembaga pendidikan dari taman kanak-kanak, maka materi pelajaran yang berbentuk media cetak juga harus berbahasa Indonesia. Hal ini dapat dilakukan dengan menerjemahkan buku-buku yang berbahasa asing atau menyusunnya sendiri. Cara ini akan sangat membantu dalam meningkatkan perkembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmu pengetahuan dan teknolologi (iptek).

c.        Bahasa Indonesia sebagai penghubung pada tingkat Nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintahan Kedudukan ketiga dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan digunakannya Bahasa Indonesia dalam hubungan antar badan pemerintah dan penyebarluasan informasi kepada masyarakat. Sehubungan dengan itu hendaknya diadakan penyeragaman sistem administrasi dan mutu media komunikasi massa. Tujuan agar isi atau pesan yang disampaikan dapat dengan cepat dan tepat diterima oleh masyarakat. d. Bahasa Indonesia Sebagai pengembangan kebudayaan Nasional, Ilmu dan Teknologi. Kedudukan keempat dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi, baik melalui buku-buku pelajaran, buku-buku populer, majalah-majalah ilmiah maupun media cetak lainnya. Karena sangatlah tidak mungkin bila suatu buku yang menjelaskan tentang suatu kebudayaan daerah, ditulis dengan menggunakan bahasa daerah itu sendiri, dan menyebabkan orang lain belum tentu akan mengerti



Kedudukan dan fungsi lain Bahasa Indonesia Fungsi bahasa Indonesia adalah nilai pemakaian bahasa yang dirumuskan sebagai tugas pemakaian bahasa itu di dalam kedudukan yang diberikan kepadanya (Halim, 1976:19). Rumusan ini kemudian menjadi rumusan seminar Politik Bahasa Nasional dan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara. Prof. Dr. Slametmulyana dalam pidato pengukuhannya sebagai guru besar pada Fakultas Sastra Universitas Indonesia tahun 1959 mengemukakan tiga fungsi pokok bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, yaitu :
a) Sebagai alat menjalankan administrasi negara
b) Sebagai alat merapatkan pelbagi suku menjadi satu bahasa
 c) Sebagai alat untuk menampung kebudayaan baru

E.     FUNGSI BAHASA INDONESIA DALAM PEMBANGUNAN BANGSA

Fungsi bahasa Indonesia sebagai pemersatu bangsa memiliki peran yang sangat vital sekali Karena digunakan sebagai alat perekat nasional warga Indonesia untuk selalu setia kepaa Negara kesatuan RI. Indonesia yang merupkan Negara kepulauan memiliki lebih dari 17ribu pulau-pulau yang menyebar dari sabang sampai marauke, dengan total penduduk lebih dari 200juta jiwa. Dengan penduduk sebanyak itu, Indonesia dinobatkan sebagai Negara dengan penduduk terpadat ke4 ddunia, yang mana peringkat pertama disandang oleh Negara republic rakyat cina, kemudian india, dan ketiga amaerika. Dengan melihat wilayah Indonesia yang sangat luas dengan berbagai pulaunya, mak tidak heran jika Negara Indonesia memiliki beraneka ragam etis dan budaya, yang tentu saja juga memiliki keanekaragamanbuaya dan bahasa tersebut, maka diperlukan bahasa persatuan yang bisa membuat seluruh warga Negara Indonesia bisa mengerti dan memahami satu sama yang lain.
Bahasa Indonesia ini yang berasal dari bahasa melayu riau ini dipilih karena telah menjadi lingua franca yang banyak digunakan dalam perdagangan jauh saat kerajaan sriwijaya menjadi pusat perdagangan. Kelahiran bahasa melayu riau yang mudah dipahami dan dipelajari kemudian dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan Negara Indonesia dan dipusatkanmenjadi bahasa pemersatu bangsa. Sebuah bangsa  yang besar memerlukan bahasa sebagai pemersatu agar  komunikasi semakin mudah dan membutuhkan rasa nasional pada setiap daerah yang dilingkupinya. Bisa kita bayangkan jika sebuah Negara tidak memiliki bahasa pemersatu, maka semuanya akan menjadi kacau balau, apalagi yang wilayahnya seperti kita ini, yang terdiri dari berbagai etnis dengan ratusan rumpun bahasa yang berbeda beda.
Kelahiran suatu bahasa utama dalam sebuah Negara juga berfungsi sebagai identotas bangsa. Disebut suatu identitas bangsa karena  mampu menunjukkan diri kita pada masyarakat  dunia bahw bangsa bahwa bangsa kita merupakan bangsa yang memiliki bahasa sendiri dan seluruh warga Negara Indonesia menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi. Selain itu, kehadirn bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional merupakan sebuah kebanggan pada Negara kita, karena menunjukkan bahwa kita adalah Negara merdeka dan bukanlah Negara persemakmuran, yang mana biasanya Negara persemakmuran mewajibkan masyaraktnya menggunakan bahasa induk, yaitu bahasa Negara yang menguasainya.
Dalam perkembangannya bahasa Indonesia telah mengalami berbagai bnayak penambahan dan bnayak perubahan dari bahasa melayu riau asli. Hal ini dikarenakan denagn fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa sangatlah penting dan harus dijaga oleh para penerus generasi bangsa. Pendidikan berbahasa yang baik dan benar sangat perlu ditanamkan sejak usia dinikepada seluru penerus generasi bangsa agar senantiasa terjaga kearifan dan kelestarian di nusantara. 











                 




BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
 Sesuai dengan uraian di atas, maka dapat ditarik kesimpulan mengenai Sejarah Bahasa Indonesia, beserta fungsi dan kedudukannya sebagai berikut:
1.      Sejarah Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia berasal dari bahasa melayu yang sudah digunakan sejak abad ke 7, pada masa Kerajaan Sriwijaya. Bahasa Melayu pada saat itu digunakan sebagai sebagai bahasa perhubungan (Lingua franca). Bermula dari Ikrar Sumpah Pemuda, yang tertuang pada butir ke tiga, bahwa bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa dan merupakan bahasa persatuan. Dan Secara yuridis bahasa Indonesia telah diakui sebagai Bahasa Nasional pada 18 Agustus 1945 dan ditetapkan dalam UUD 1945 bab XV pasal 36.
2.      Kedudukan Bahasa Indonesia Seperti tertulis pada UUD 1945 bab XV pasal 36, bahasa Indonesia berkedudukan sebagai Bahasa nasional. Bahasa yang menjadi pemersatu untuk rakyat Indonesia yang memiliki banyak bahasa daerah.
3.      Fungsi Bahasa Indonesia
· Bahasa Indonesia sebagai lambang kebanggaan Nasional.
· Bahasa Indonesia sebagai lambang identitas Nasional.
· Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda latar                      belakang Sosial, Budaya dan Bahasa.
· Bahasa Indonesia sbagai alat perhubungan antar budaya, antar daerah.


B.     Saran
1.Kita harus memahami fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional,
2. Penggunaan bahasa Indonesia yang sesuai dengan fungsi dan kedudukannya, dan
3. Kita harus berbahasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.






DAFTAR PUSTAKA

Tim Penyusun. 2013. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Bahasa Indonesia. Makassar: Badan Pengembangan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah http://kokokurnia.wordpress.com/2011/11/05/fungsi-bahasa-indonesia-sebagai-bahasanasional-dan-bahasa-negara/ http://muhfaishalf.blogspot.com/2011/10/v-behaviorurldefaultvmlo.html http://andierwina.blogspot.com/2012/10/sejarahfungsi-dan-kedudukan-bahasa.html


0 komentar:

Posting Komentar